Bagaimana Memulai Sebuah Bisnis Penggilingan Plastik

Dari email yang masuk ke saya, banyak sekali yang tertarik untuk memulai usaha penggilingan plastik tetapi tidak tahu bagaimana harus memulainya.
Ini tahapannya:
  1. Anda harus bisa membedakan jenis-jenis plastik. Secara teori, jenis plastik dapat anda lihat di link ini http://en.wikipedia.org/wiki/Plastic  Tetapi pengetahuan plastic secara teori tersebut tidak cukup jadi bekal anda dalam berbisnis plastik. Anda harus bisa membedakan plastik berdasarkan sifat fisik & kimianya. Seorang pebisnis plastik harus bisa membedakan jenis plastik dengan memegangnya, menekan/memencet, membakar & mencium asapnya atau dengan menyayat/membacoknya. Pengetahuan tersebut lambat laun akan anda kuasai setelah terjun ke bisnis ini. Sebagai pemula saran saya adalah: kumpulkan masing-masing contoh jenis plastik dari 1 (PET)  -> botol air mineral, 2 (HDPE) -> botol shampoo-label & tutupnya dibuang, 3 (PVC) -> toples permen/botol wipol/baygon - tanpa tutup & label, 4 (LDPE) -> botol infus/tutup galon air, 5 (PP) -> ember berwarna. Selanjutnya amati perbedaan masing-masing plastik dengan cara menekan/memencet, menyayat/membacok dan membakar (cium aroma asapnya). Setiap plastik yang memiliki sifat yang sama pasti dari berasal golongan yang sama juga.
  2. Siapkan lahan/lokasi, mesin giling plastik & tenaga kerja. Lahan yang dibutuhkan untuk usaha penggilingan plastik cukup luas. 1.000 m2 minimal dibutuhkan karena plastik tersebut volumenya besar, dan memerlukan lokasi penjemuran hasil gilingan. Lokasi penggilingan diusahakan jauh dari pemukiman karena usaha ini menghasilkan polusi suara. Lahan harus bebas banjir & bisa diakses kendaraan roda 4 /angkutan truk barang. Mesin giling plastik yang anda gunakan harus handal/bandel dan memiliki kapasitas produksi tinggi. Semakin efektif kerja mesin semakin besar keuntungan yang akan anda dapat. Pada beberapa kasus di lapangan banyak sekali mesin giling plastik yang memiliki ukuran & tenaga penggerak dg kekuatan sama tetapi jumlah hasil/output perharinya berbeda. Hal itu terjadi karena kesalahan sewaktu membeli mesin. Belilah mesin giling plastik pada teknisi yang sudah berpengalaman dalam bisnis ini (teknisi yang juga berprofesi sebagai penggiling plastik) karena dia sudah mengerti akan seluk beluk, kelemahan mesin giling plastik & menyempurnakannya. Kami adalah pembuat/teknisi mesin giling plastik yang sampai saat ini juga masih menekuni bisnis penggilingan plastik ini. Hindari membeli mesin giling plastik yang sudah bekas pakai karena dibutuhkan ketelitian khusus untuk mengetahui kondisi mesin tersebut masih baik atau tidak.

KESALAHAN DALAM MEMBELI MESIN GILING PLASTIK AKAN MENIMBULKAN KERUGIAN BIAYA, WAKTU PERBAIKAN DAN PENURUNAN PRODUKSI.


Kami adalah spesialis pembuat mesin giling plastik berkualitas.
Jika anda membutuhkan mesin giling plastik, jangan ragu-ragu menghubungi kami.
E-mail: mesingiling.plastik@gmail.com
Telp./WA: 0813-6229-6223

11 komentar:

  1. Gan untuk modal awal dalam bisnis penggilingan plastik itu brpa,, mohon bantuannya ya gan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modal awal usaha ini memang cukup besar. Tetapi return of investment nya juga cukup cepat. Yang penting setiap hari mesin berproduksi secara penuh (bahan baku cukup).
      Hal-hal yang membuat modalnya cukup besar yaitu:
      1. Pembelian mesin giling plastik
      2. Sewa lahan
      3. Pembangunan infrastruktur (bangunan, gudang, dll)
      4. Pembelian alat transportasi (mobil angkutan barang)
      5. Modal pembelian barang.
      Untuk mencapai target yang diingini, anda harus memiliki mesin giling plastik yang handal. Kapasitas produksinya tinggi & tidak rewel. Kami lah ahlinya :-)

      Hapus
    2. Untuk usaha mikro kira2 berapa bang modalnya

      Hapus
  2. modal paling sedikit kira2 berapa ya ...

    BalasHapus
  3. Untuk usaha mikro minimal berapa bang modalnya

    BalasHapus
  4. Gan, gambaran modal yang diperlukan berapa dalam rupiah untuk memulai usaha ini?

    BalasHapus
  5. pembelian mesin nya bisa credit pak?

    BalasHapus
  6. untuk usaha mikro brp modalnya, mksh

    BalasHapus
  7. brp modal awal untuk pemula/usaha mikro. mksh

    BalasHapus
  8. Mohon emailkan proposal mesin gilingnya sampe tempat.lokasi saya di kota sidikalang kab. Dairi prop sumut. henky_frist@yahoo.com, rencana mo buka januari 2017, dan sy msh pemula mohon bimbingannya ya pak. Tw

    BalasHapus
  9. Lokasi bengkelnya dimana gan

    BalasHapus