Apa yang dilakukan pada bisnis penggilingan plastik?



1. Pembelian barang dari pengepul plastik/pengepul rongsokan
Pembelian barang harus dilakukan sebaik mungkin & dikerjakan oleh orang terpercaya. Kita harus selalu melihat isi karung barang tersebut (disobek dg cutter), jangan sampai anda membeli kucing dalam karung. Pastikan isi barang terbebas dari sampah maupun plastik yg bukan jenis yg kita mau beli.

Contoh:
1. Kalau kita mau bisnis gilingan plastik PET maka barang yg kita beli harus terbebas dari PVC, kerasan/himpek, dll yg bukan merupakan PET. Pastikan juga botol botol air mineral tsb tidak berisi air.
2. Kalau kita mau bisnis gilingan plastik HDPE/PP/Emberan, maka barang yg kita beli harus terbebas dari kerasan/Himpek, dll.
Pada intinya plastik yg kita beli harus terbebas dari plastik yg bukan jenisnya. Itulah yg harus ditekankan kepada supplier/pengepul dan sudah tanggung jawab mereka utk mengeluarkan "sampah" tersebut sebelum menjual kepada penggiling.

2. Penyortiran


Penyortiran dilakukan oleh tenaga kerja yang teliti & cekatan. Penyortiran dilakukan untuk:
a. Memisahkan plastik sesuai dengan jenis & warnanya.
b. Membersihkan plastik dari label & sampah yg masih melekat.
Penggajian karyawan sortir dilakukan dengan sistem borongan (digaji sesuai timbangan hasil sortiran).

3. Penggilingan
Mesin giling yg handal adalah kunci kesuksesan usaha ini.
Selama bergelut dengan penggilingan plastik & juga pembuat mesin giling plastik, saya punya pengalaman menarik yaitu: 
Saya pernah punya mesin ukuran 20 inch (50 cm) dengan penggerak diesel 33 PK. Hasil yg saya peroleh sehari rata-rata 1 ton/8 jam kerja.
Setelah mempelajari & menyempurnakan kekurangan mesin tsb, maka saya membuat mesin kedua dengan ukuran yg sama juga menggunakan tenaga diesel yg sama juga. Hasil yg saya peroleh dari mesin kedua ini adalah 2 ton/8 jam kerja. Sementara konsumsi BBM/solar yg saya pakai sama. Tenaga kerja yang saya pakai juga jumlahnya sama. Anda bisa bayangkan betapa efektifnya mesin kedua yang saya buat tersebut.

   
Penggilingan adalah inti dari usaha penggilingan plastik, dan mesin giling adalah jantungnya.

4. Pengeringan
Penggilingan plastik daur ulang pada umumnya dilakukan secara penggilingan basah. Plastik bekas yang masuk ke mesin giling akan dicacah sekaligus dicuci dengan air mengalir. Jadi dalam satu tahap terjadi dua proses yaitu mencacah + mencuci sehingga output yang dihasilkan adalah cacahan plastik yang bersih, bebas kotoran.
Pengeringan plastik yang sudah dicacah bisa dilakukan dengan penjemuran atau bisa juga dengan bantuan mesin pengering yang dilengkapi dengan pemanas.
Di pasaran banyak yang menawarkan mesin pengering plastik, tapi mesin yang tidak dilengkapi pemanas (heater) hanya bisa mengurangi kadar air 80 - 90% saja. Sisanya harus dijemur kembali. Repot kan???  



5. Penjualan
Penjualan hasil gilingan plastik sangatlah mudah. Bagi anda yg masih pemula & bingung mau jual kemana, cobalah bergabung dengan berapa group plastik di Facebook dan lakukan penawaran produk anda. Pasti banyak yang berminat. Tapi bagi saya yang sudah lama berkecimpung di plastik, menjual hasil gilingan plastik sama mudahnya dengan menjual kacang goreng :) 

Harga jual bahan/plastik gilingan naik turun, biasanya trend nya mengikuti naik turunnya harga minyak bumi. Naik turunnya harga jual harus anda sesuaikan juga dengan harga beli anda untuk bahan baku. Anda jangan takut akan naik turunnya harga plastik, percayalah: selama masih ada kehidupan di bumi ini, plastik pasti tetap laku/laris manis :)

Kami adalah spesialis pembuat mesin giling plastik berkualitas.
Jika anda membutuhkan mesin giling plastik, jangan ragu-ragu menghubungi kami.
E-mail: mesingiling.plastik@gmail.com
Telp./WA: 0813-6229-6223

6 komentar:

  1. Ada tidak informasi harga lengkap Mesin Crusher plastik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk informasi harga mesin crusher plastik bisa hubungi contact person kami diatas.
      Terima kasih.

      Hapus
  2. Buat bos gilingan plastik, sy pengepul plastik pp pet pvc dll. Yg minat hub di 081398252659

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sya perlu plastik jenis PP dan Imfect yang di utamakan
      Abs juga masuk terima kasih
      Info
      085220144467
      Pin BB 24beb02b

      Hapus
  3. Salam daur ulang plastik
    Saya sandy di bekasi, saat ini saya fokus untuk giling khusus pp gelas.
    Saya mencari pengepul plastik yg dapat suplay bahan baku untuk saya giling, saya butuh banyak dan rutin.
    Call / sms 0856 9115 7140

    BalasHapus
  4. Saya mencari tenaga sortir utk bahan impek kalau ada hub ke no 081317826394

    BalasHapus